Dapatkan Up Date Perkembangan Gaya Hidup di Korea, korean style, Biaya Hidup di Korea dan semua hal Tentang Korea Sini

Loading...

Lazada Kasih Kejutan Lagi ! Ambil Voucher Belanja Gratisnya Sekarang !

Translate

Ternyata Kimchi Adalah Makanan Paling Sehat Karena Probiotik Kimchi 1000 kali Lebih Banyak dari Youhurt

Siapa yang sangka makanan asal negeri korea selatan yang berbau menyengat ini ternyata mengandung probiotik 1000 kali lebih banyak di banding Youhurt, dimana seperti kita ketahui bersama probiotik adalah mikroorganisme hidup yang dapat memberikan efek baik atau kesehatan pada organisme lain di dalam tubuh kita. Pantesan saja orang korea tampak hidupnya sehat - sehat dan langsing - langsing. Hanya saja apakah anda suka dengan aroma kimchi ini ? Kimchi adalah hasil makanan olahan fermentasi kubis atau lobak yang diolah dengan banyak rempah-rempah dan sejak dahulu kala merupakan makanan pokok dalam masakan Korea selatan, Bagi Orang korea Kimchi adalah makanan wajib, Orang Korea tidak merasa bahwa mereka benar-benar sudah makan, sampai mereka memakan kimchi, Mereka harus makan setiap hari, atau mereka merasa seperti ada sesuatu yang hilang dalam hidup mereka. ( o la la kok sama yah seperti kita klo belum ketemu nasi rasanya belum makan gitu loh ). Intinya Selain kaya rasa, kimchi juga memiliki banyak manfaat kesehatan. Kimchi dinilai rendah kalori, membantu meningkatkan metabolisme, meningkatkan imun, serta meningkatkan probiotik pencernaan. apakah anda mau mencobanya ?

Bagaimana Kandungan Gizi Pada Sayur Kimchi

Satu porsi sayur kimchi seberat 100 gram mengandung:
  • 17 kalori.
  • 7 gram karbohidrat.
  • 3 gram serat
  • 3,88 gram gula
  • 39 mg kalsium
  • 485 mg sodium
  • 11,7 mg vitamin C
  • 728 IU vitamin A

Biasanya, masyarakar Korea memilih sawi dan lobak sebagai bahan utama pembuat kimchi. Kimchi semakin populer bersama terkenalnya kebudayaan Korea ke dunia, termasuk Indonesia. Jadi, tidak ada salahnya anda mencoba membuat makanan khas Korea ini sendiri di rumah, Yuk Kita Bikin Kimchi sendiri di rumah !

Bahan-bahan dalam Resep Membuat Kimchi Asli Khas Korea Selatan :



  • Sawi putih sebanyak 1 buah besar
  • Lobak putih, iris memanjang tipis sebanyak ½ bagian
  • Daun bawang sebanyak 4 batang yang diiris kecil
  • Bawang putih sebanyak 4 siung yang dihaluskan
  • Jahe sebesar 1 ruas jempol yang sudah digeprak
  • Bubuk cabe sebanyak 6 sdm (bisa instan atau buat sendiri)
  • Garam sebanyak 2 sdt
  • Gula sebanyak 1 sdm
  • Garam kasar sebanyak ½ gelas
  • Saus ikan / kecap ikan sebanyak 2 sdm
  • Air secukupnya
Cara Mudah Membuat Kimchi Sendiri di Rumah :
  1. Kimchi bisa dengan mudah anda buat sendiri di rumah, selain dapat bertahan lama, makanan ini juga memiliki kandungan gizi yang baik bagi tubuh. Bersihkan bahan utama (sawi yang masih utuh dan lobak yang telah dipotong-potong).
  2. Masukkan bahan utama tadi dalam baskom, lalu berikan tambahan garam kasar. Berikan air hingga menutupi permukaan bahan, diamkan sekitar 6 jam.
  3. Setelah 6 jam berlalu, ambil sawi dan bersihkan dengan air mengalir hingga bersih, bahkan ke bagian dalam sawi, untuk memudahkan proses mencuci, anda bisa membagi sawi menjadi 2 bagian.
  4. Kembalikan sawi dalam baskom kosong bersama lobak, lalu tambahkan bubuk cabe, gula, jahe, garam, daun bawang, bawang putih, dan saus ikan. Balurkan semua bumbu ke sawi dan lobak secara merata hingga ke seluruh bagian.
  5. Jika dirasa bumbu sudah merata ke semua bagian, masukkan adonan kimchi ini dalam wadah tertutup dan kedap udara, atau anda bisa membungkusnya dengan wrapping plastic. Dan tunggu hingga dua hari agar bumbu benar-benar meresap dengan sempurna.
Setelah dua hari berlalu, maka kimchi yang anda buat ini siap untuk dimakan bersama keluarga. Potong sawi dalam bagian yang lebih kecil untuk memudahkan proses konsumsi kimchi. Memakanya dengan nasi hangat di tengah suasana dingin akan menambah nikmat kimchi yang anda buat.

SELENGKAPNYA



Kimchi tergolong sebagai salah satu jenis makanan yang rendah kalori. Tak hanya itu, kandungan kimchi yang tampak menjanjikan tersebut, makanan ini mampu menyuguhkan berbagai kebaikan bagi kesehatan.

Apa sih manfaat sayur kimchi bagi kesehatan kita ?

Berfungsi Sebagai Makanan Probiotik
Proses fermentasi dalam pengolahan kimchi membuatnya menghasilkan bakteri asam laktat bernama Lactobacillus kimchii. Karena itu, kimchi dinobatkan sebagai makanan probiotik dengan manfaat yang sejajar dengan yoghurt.

Dapat Melancarkan Pencernaan
Manfaat kimchi lainnya adalah melancarkan pencernaan. Makan kimchi secara rutin akan membuat tubuh Anda mendapatkan asupan probiotik.Probiotik sangat bagus untuk mengembalikan keseimbangan mikroba dalam usus. Dengan ini, fungsi usus bisa semakin baik. Asupan probiotik juga dapat berperan dalam meminimalisir gejala irritable bowel syndrome (IBS). Gangguan pencernaan kronis ini menyebabkan penderitanya mengalami sakit perut, perut kembung, serta sembelit atau diare.

Dapat Meningkatkan Imunitas atau Kekebalan Tubuh
Vitamin C merupakan antioksidan alami yang diyakini dapat melindungi dan membentengi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Vitamin ini juga membantu tubuh dalam memproduksi sejumlah protein, termasuk kolagen yang dibutuhkan agar kulit tetap kenyal dan lentur. Di samping kolagen, protein lain juga berperan penting dalam membentuk sekaligus menjaga ligamen, tendon, dan pembuluh darah Anda. Karena mengandung banyak vitamin C, kimchi dianggap dapat memberikan kebaikan-kebaikan tersebut ketika dikonsumsi.

Untuk Memelihara Kesehatan Mata
Vitamin A dibutuhkan untuk mencegah terjadinya gangguan mata. Salah satunya adalah degenerasi makula akibat penuaan. Berkat tinggi vitamin A, kimchi mampu membantu dalam menjaga kesehatan organ penglihatan Anda. Kebutuhan vitamin A yang direkomendasikan setiap hari adalah 700-900 mikrogram untuk pria dan wanita berusia di atas 14 tahun. Sementara wanita menyusui dianjurkan untuk mendapatkan vitamin A kira-kira 1.200-1.300 mikrogram per hari.

Dapat Menurunkan Resiko Terserang  Penyakit Kanker
Sama seperti vitamin C, vitamin A juga termasuk sebagai antioksidan. Mengingat radikal bebas bisa meningkatkan risiko kanker, mengonsumsi kimchi yang kaya vitamin A juga berkhasiat dalam menurunkan risiko kanker.  Beberapa penelitian bahkan menyebutkan bahwa fermentasi sawi putih berpotensi dalam mencegah pertumbuhan sel-sel kanker di dalam tubuh. Luar biasa, bukan?

Untuk Diet dan Dapat Menurunkan Berat Badan
Beberapa orang ada mengandalkan kimchi sebagai menu diet yang efektif. Hal ini tak mengherankan karena kimchi mengandung banyak serat.


Untuk Menambah Pengetahuan Tentang Up date Gaya Koreamu, Dapatkan Info Jenis, Kwalitasnya dan Harganya di -->  SINI