Dapatkan Up Date Perkembangan Gaya Hidup di Korea, korean style, Biaya Hidup di Korea dan semua hal Tentang Korea Sini

Loading...

Lazada Kasih Kejutan Lagi ! Ambil Voucher Belanja Gratisnya Sekarang !

Translate

Apa itu Goshiwon 고시원 atau Goshitel 고시텔 di Korea Selatan

Seperti yang kita Ketahui bersama selama ini bahwa tempat tinggal di Korea Selatan itu tidaklah murah, untuk sewa Apartemen di kota Seoul rata - rata di kisaran 1 Juta won perbulannya atau setara dengan Rp 12,6 Juta rupiah sebulannya, dengan jaminan sekitar 10 Juta won sebagai depositnya. bisa kebayangkan berapa besar uang yang harus kalian siapkan, jika buat tempat tinggal sebulan saja kalian harus menghabiskan uang 12 jutaan, Ya, di korea selatan jika kita ingin menyewa sebuah rumah kontrakan atau apartemen, tentu saja kita harus memiliki uang yang cukup banyak untuk membayar jaminan atau deposit, uang deposit itu ternyata sangat mahal bisa mencapai 10 juta won atau lebih dan mungkin saja tidak dapat dijangkau bagi masyarakat berpenghasilan menengah ke bawah di sana. walaupun masa berakhirnya kontrak uang deposit tersebut bisa kita ambil kembali tapi tetap saja besar sekali jumlahnya dan uang sebanyak itu kalau di indonesia bisa buat beli rumah loh ! belum lagi biaya untuk makan dan sebagainya, apalagi jika kalian jauh - jauh ke korea selatan hanya untuk menuntut ilmu atau mengadu nasib dengan bekerja di sana. Kalau ingin bisa menabung tentu saja kita harus bisa berhemat. dan kabar baiknya, ternyata di Korea selatan juga tersedia tempat tinggal murah berbentuk kamar kost - kosan yang space atau ruangnya sangat terbatas namun cukup nyaman dan bersih untuk menjadi tempat tinggal kalian di kota - kota besar yang ada di korea selatan. Nama tempat tinggal seperti itu di beri nama Goshiwon 고시원 atau Goshitel 고시텔  - Atas desakan keadaanlah maka Goshiwon atau Goshitel pun menjadi salah satu pilihan terbaik bagi masyarakat yang memiliki penghasilan rendah, terutama bagi pekerja migran atau mahasiswa yang uangnya pas – pasan, Kenapa maka Goshiwon atau Goshitel bisa lebih murah dari jenis tempat tinggal lainnya yang layak di korea selatan ? itu karena space atau luas ruangan Goshiwon atau Goshitel tersebut sangat sempit, rata-rata hanya berukuran 3 - 5 meter persegi dan itu sudah termasuk tempat tidur, meja belajar, bahkan lemari serta rak buku masuk kedalam ruangan tersebut ! pasti anda akan berfikir  Bagaimana mungkin barang-barang seperti itu bisa muat di dalam ruangan sesempit goshiwon ? itu karena semua mebel atau furniture di dalam ruangan Goshiwon atau Goshitel didesign flexibel dan minimalis  contoh - contoh furniturenya bisa kalian lihat sejenak di ---> SINI


Dengan kondisi serba minimalis seperti itu, maka goshiwon atau Goshitel memang di rancang untuk  tempat tinggal satu orang saja, walaupun terasa sempit, tetapi cukup nyaman, karena di dalam ruangannya ada fasilitas Wifi dan penyejuk ruangan atau AC dan jika di musim dingin juga tersedia penghangat ruangan atau Heater. Biaya sewa goshiwon umunya dibayar perbulan sekitar 400-800 Won atau 3 – 4 jutaan sebulan, wow masih terasa mahal ya, kalau di sini uang segitu bisa buat ngontrak rumah, harga sewa bisa juga lebih dari 800 won  tergantung fasilitas dan lokasi goshiwon itu berada.  Bahkan ada beberapa goshiwon yang disewakan dengan tarif perhari, biasanya di goshitel dengan fasilitas lengkap seperti layaknya hotel namun harganya cukup terjangkau di sana !


Bagi seorang Traveler yang pernah mengunjungi Korea Selatan, pasti tahu persis bagaimana bentuk dan suasana ketika berada di dalam Goshiwon 고시원 atau Goshitel - tetapi buat kalian belum pernah nyobain dan penasaran dengan suasana di dalam Goshiwon maka kalian bisa simak cuplikannya di bawah ini yang menggambarkan bagaimana suasana dan kenyamanan ketika kita berada di dalam sebuah ruangan Goshiwon 고시원 atau Goshitel - selamat menyimak !






Memang sih, tidak semua Goshiwon dan Goshitel di korea selatan memiliki fasilitas yang dapat membuat penghuninya merasa nyaman tinggal di ruangan sempit tersebut, semua tergantung harga sewa Goshiwon atau Goshitel serta lingkungannya, semakin mahal harga sewanya semakin banyak fasilitas yang bisa di dapatkan, seperti kamar mandi di dalam dengan air hangat dan juga lemari es untuk menyimpan makanan, namun ada juga Goshiwon yang minim fasilitas dan ruangannya hanya seluas 3,5 meter persegi, umumnya harga sewa Goshiwon sederhana tersebut berkisar 150 ribu won saja atau hanya 1,7 Juta rupiah perbulannya, dengan fasilitas kamar mandi di luar dan dapur umum yang di gunakan rame – rame, kebanyangkan dengan uang segitu, di sini bisa dapat tempat kos mewah loh ! 



Gambaran Ruangan Goshiwon Sederhana di Korsel

Sebenarnya awal mula munculnya Goshiwon dan Goshitel di korea selatan selain karena harga tanah dan properti yang sangat mahal yang mencapai Rp 60 Juta Permeter perseginya, maka ruangan – ruangan bangunan tempat tinggal di kota – kota besar korea selatan pun menjadi lebih minimalis, ketika Goshiwon pertama kali populer ternyata di peruntukan bagi pelajar yang sedang persiapan ujian masuk perguruan tinggi, atau ujian CPNS. Mereka tinggal di kamar sempit selama beberapa waktu lamanya agar bisa terbebas dari gangguan serta lebih fokus belajarnya, seiring perkembangan jaman dan tuntutan ekonomi maka ruangan sempit tersebut kini umumnya di sewakan kepada para pekerja yang memiliki penghasilan pas – pasan di korea selatan, sampai saat ini ada puluhan ribu Goshiwon yang resmi dan terdaftar di korea selatan dan sebagian besar berada di Kota Seoul yang megah dan gemerlap, nah Goshiwon inilah sisi lain dari kota Seoul yang selama ini kita kenal indentik dengan kemewahan, umumnya kota - kota Metropolitan pasti selalu ada masalah sosial yang berhubungan dengan sebuah pemukiman.

Walaunpun Goshiwon dan Goshitel adalah Tempat Tinggal single yang Paling Murah di Kota – kota besar Korea Selatan, walaupun murah bukan berarti tidak nyaman tinggal di sana, banyak yang bilang tinggal di Goshiwon atau Goshitel tidak seburuk yang di banyangkan, ada banyak fasilitas yang bisa kita dapatkan di sana, apa saja Fasilitas yang umumnya tersediakan di dalam Goshiwon ?

Fasilitas di dalam Goshiwon yang Nyaman di Korea Selatan :

    1. Sambungan Internet dan TV Langganan
    2. Mesin Heater dan AC
    3  Kamar Mandi Pribadi dengan Fasilitas Air Hangat
    4. Jendela Kamar Yang Menghadap Ke Pusat Kota
    5  Dinding Yang Kedap Suara
    6. Layanan Keamanan 24 Jam
    7. Lobby Untuk Terima Tamu
    8. Dapur Bersama / Dapur Umum
    9. Pusat Kebugaran / Sarana Olah Raga di Dalam gedung


Ini hanya sebagian kecil gambaran betapa mahalnya hidup di kota metropolitan Korea Selatan, dan tentunya masih ada Masih Banyak sisi lain dari Gemerlap kota - kota tersebut, yuk kita explore guys !



--> NEXT