Dapatkan Up Date Perkembangan Gaya Hidup di Korea, korean style, Biaya Hidup di Korea dan semua hal Tentang Korea Sini

Loading...

Lazada Kasih Kejutan Lagi ! Ambil Voucher Belanja Gratisnya Sekarang !

Translate

Berapa Besar Gaji atau Upah Buruh Pabrik di Korea Selatan

Bekerja Menjadi Seorang TKI di Negara Maju Seperti di Negara Korea Selatan adalah impian banyak orang, dengan harapan bisa memperoleh pekerjaan yang cukup layak dengan gaji yang cukup besar. Umumnya pekerja pabrik atau buruh di negara - negara maju di bayar dengan upah perjam, salah satunya di Korea Selatan, Gaji yang akan di dapatkan oleh para buruh pabrik di sana mungkin terasa cukup besar jika di bandingkan dengan upah UMR di Indonesia, Pada Tahun Ini saja Upah Buruh di Korea Selatan yaitu 8.590 won per jamnya - Jika kita hitung  5 hari kerja dalam sebulan. maka upah yang di dapat perbulan adalah 1.795.310 won, atau setara kurang - lebih 21 juta rupiah per bulan, angka tersebut pun belum termasuk upah lembur, jika sering lembur maka pendapatan mereka bisa mencapai 30 juta rupiah perbulannya, TKI indonesia di Korea Selatan atau yang bisa di sebut sebagai pekerja migran Indonesia / PMI di Korea Selatan rata-rata berpendidikan SMP, dan Mereka bekerja di sektor manufaktur serta perikanan, Dalam hal ini  pemerintah Indonesia mempunyai skema kerja sama Government to Government (G to G) dengan Korea Selatan untuk penempatan PMI, sampai saat ini total PMI yang bekerja di Korea Selatan sudah mencapai 56 ribu orang.pekerja, apakah anda tertarik untuk bekerja di Korea Selatan ? jika memang tertarik, silahkan simak artikel ini sampai selesai, karena kita akan membahas juga bagaimana persyaratan untuk menjadi Pekerja Migran Indonesia di Korea Selatan ! o ia kita juga akan bahas tentang jam kerja di korea selatan, karena cukup Banyak yang bertanya berapa lama sih jam kerja normal di Korea Selatan ? apakah sama dengan jam kerja normal di Indonesia ? kita akan jawab satu - persatu pertanyaannya ya !


Sampai dengan Hari ini, Ternyata Sudah Cukup Banyak TKI atau Pekerja Migran Indonesia yang berhasil mengadu nasib Negeri Ginseng tersebut, tetapi banyak juga yang gagal merubah nasibnya setelah kembali dari korea selatan pulang tidak membawa apa - apa, hal ini di sebabkan gaya hidup mereka yang tidak bisa hidup hemat istilahnya hidup merih di negeri orang, jika gaya hidup kita di sana ingin senang - senang dan ingin hidup nyaman mungkin gaji kalian tidak akan cukup untuk menghidupi kalian sendiri di sana, boro - boro mau kirim uang ke kampung halaman, buat biaya hidup sehari - hari saja masih kurang. Tetapi anda tidak perlu khawatir karena di jaman moderen seperti sekatang ini sudah cukup banyak makanan - makanan instant khas korea yang bisa kalian beli dengan harga yang sangat terjangkau dan memungkinkan kalian bisa hidup lebih hemat, apa saja makanan instant yang bisa kalian beli secara online sementara contoh - contohnya bisa kalian lihat sejenak di ---> SINI


Lowongan Pekerjaan sebagai Buruh di Korea selatan cukup banyak, Bidang - bidang pekerjaan di Korea selatan yang cukup banyak menerima buruh asal Indonesia adalah di bidang perusahaan manufaktur / pabrik, bidang jasa, kontruksi, dan bidang pertanian serta perikanan moderen.







Tadi di atas kita sudah bahas upah atau gaji yang bisa di dapatkan jika kita bekerja di Korea selatan sebagai Pekerja Migran atau Buruh Pabrik, nah  kemudian bagaimana caranya ya kalau mau bekerja di Korea  selatan seperti teman – teman kita di sana ?

Ok, langsung aja simak ya, persyaratan utama untuk bisa bekerja di Korea Selatan 

Syarat - syarat adalah sbb :

1. Usia kamu minimal sudah 18 tahun dan maksimal 39 tahun saat mendaftar jadi Calon PMI
   
2. Pendidikan minimal SLTP atau sederajat, tapi diutamakan sih SMK atau SMA.
   
3 Pastinya Kamu Tidak buta warna
   
4 Tidak cacat jari atau amputasi
   
5 Tidak sedang dicekal bepergian ke Luar Negeri.
   
6 Belum pernah dihukum penjara atau hukuman yang lebih berat.
   
7. Tidak memiliki catatan deportasi atau keberangkatan dari Pemerintah Republik Korea.
   
8. Tidak memiliki riwayat penyakit Tubercholosis (TBC), Hepatitis dan Shypilis.
   
9 Memiliki alamat email pribadi yang masih aktif.
   
10. Memiliki nomor rekening tabungan pribadi, disarankan dengan buku tabungan BRI Simpedes TKI.
     Tujuannya atau manfaatnya untuk mempermudah transaksi di dalam negeri dan luar negeri, dan biar
     gampang kirim duit ke kampung halaman kalian.


Nah, Buat kalian yang sudah khawatir kalau kerja di korea selatan jam kerjanya over time atau long time atau istilahnya mengalami jam kerja yang panjang hingga lebih dari jam kerja normal di indonesia, tentu saja kini kalian tidak perlu khawatir akan hal tersebut, karena Pemerintah Korea Selatan telah mengesahkan aturan untuk mengurangi jam kerja karyawan atau buruh pabriknya dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas hidup dan produktivitas para pekerja di sana, sejak beberapa tahun yang lalu  Majelis nasional Korea Selatan sudah mengeluarkan undang-undang yang mengatur tentang jam kerja atau waktu kerja mingguan karyawan menjadi 52 jam saja seminggunya yang sebelumnya 68 jam per pekan. Aturan tersebut diberlakukan sejak Juli 2018 dan telah diterapkan kepada seluruh perusahaan di korea selatan Pada aturan yang baru tersebut, karyawan akan bekerja selama 40 jam sepekan, dengan tambahan jam lembur maksimal 12 jam dalam seminggu, nah cukup ringankan jam kerjanya, tapi jangan samakan produktifitas kalian di indonesia dengan standart produktifitas di korea selatan ya, dengan pengurangan jam kerja tentu saja produktifitas para pekerjanya juga harus lebih baik loh ! gimana masih minat ?






Artinya Hanya Pekerja Keras yang bisa sukses dan bertahan bekerja di Korea Selatan ! karena tidak ada tempat bagi orang malas di Negri Ginseng tersebut ! Masalah gaji dan jam kerja sudah kita bahas, lalu bagaimana dengan biaya hidup di sana ? rata - rata perusahaan di Korea Selatan menyediakan Mess atau tempat tinggal untuk pekerjanya, jika anda nanti bekerja di korea selatan dan mendapatkan fasilitas tempat tinggal dari perusahaan maka anda pasti bisa menabung banyak dan bisa kirim uang kepada keluarga kalian di kampung halaman, karena yang kalian pikirkan hanya urusan perut makan 3 kali yang hemat setiap harinya ! selain masalah tempat tinggal, ternyata masalah fasilitas kesehatan juga harus kalian pikirkan ya ! apakah biaya berobat di korea selatan itu mahal ? berapa sih biayanya sekali berobat ke dokter di korea selatan ? yuk kita cari tahu juga !


--> NEXT