Dapatkan Up Date Perkembangan Gaya Hidup di Korea, korean style, Biaya Hidup di Korea dan semua hal Tentang Korea Sini

Loading...

Lazada Kasih Kejutan Lagi ! Ambil Voucher Belanja Gratisnya Sekarang !

Translate

Ini Cara Korea Selatan Keluar dari Garis Kemiskinan dan Menjadi Negara Maju

Kalau berbicara Perbedaan dua Negara Korea yang Terpisah sejak 70 Tahun yang lalu ini kalian pasti sudah tahu banyak tentang hal ini, terutama perbedaan dari Gaya Hidupnya, mulai dari Gaya Busana sampai dengan gaya pergaulan, sekilas pastilah banyak yang mengangap Negara Korea Selatan adalah Tempat yang Indah, Romantis dan Nyaman untuk menjadi Rumah Masa Depan, sekuruh mata di dunia telah melihat bagaimana Korea Selatan begitu moderen dan mewah, sekalipun hanya melihatnya di film - film drama korea, semua tampak indah dan semuanya tampak menyenangkan, berbeda dengan banyak pemberitaan bagaimana keadaan di korea Utara saat ini, semuanya berbanding terbalik dengan kenyataan di Korea Selatan yang serba moderen dan terbuka. Tetapi tahukan anda Bahwa dulunya Negara Korea Selatan dan Negara Korea Utara sama - sama Negara miskin loh ! ya tentu saja miskin karena waktu korea utara dan korea masih bersatu, negara tersebut mengalami masa penjajahan Jepang seperti hal indonesia pada Tahun 1942 dulu, bahkan konon kabarnya Korea Lebih Miskin dari Indonesia, sehingga kehidupan di Korea Selatan tidak bedanya dengan kehidupan di korea utara bahkan beberapa tahun lamanya Korea Utara pernah menjadi Lebih Kaya dan Nyaman di bandingkan dengan negara korea Selatan pada waktu itu, karena sebagian besar penduduk Korea Selatan Hidup sebagai Petani, sedangkan Korea Utara yang saat itu sudah mulai memasuki dunia Industrialisasi yang di dukung oleh Uni Soviet.

Sejak Jepang Kalah perang di Tahun 1945, Seluruh Daerah Semenanjung Korea Lepas dari Penjajahan Jepang, Sebagai negara pemenang perang terjadi ketidaksepakatan antara Amerika Serikat dan Uni Soviet,Sejak saat itulah Korea menjadi terpecah dua yaitu Negara Korea Utara di bawah pengelolaan Uni Soviet dan Negara Korea Selatan dikelola oleh Amerika Serikat. Selama 3 tahun 1950 - 1953 Korea Mengalami Perang Saudara yang memakan Korban hingga 4 Juta jiwa dan pada Tahun 1953 akhirnya perang pun berakhir, dengan Perjanjian Gencatan Senjata tahun 1953 di desa gencatan senjata Panmunjom, sejak saat itu Korea Utara dan Korea Selatan Mulai menata Kehidupan Negaranya masing - masing, Negara yang baru selesai perang pastinya banyak mengalami kehancuran, di sinilah titik awal Korea Selatan Mengubah dirinya dari negara miskin menjadi negara maju seperti hari ini.





Perjalanan Untuk keluar dari Kemiskinan Korea Selatan bukanlah hal yang mudah, Karena Korea Utara saat itu mewarisi sebagian besar industri yang ditinggalkan oleh kolonial Jepang, termasuk 80 persen sumber pembangkit Listrik di semenanjung Korea saat itu, sebaliknya Korea Selatan sebagain besar hanya merupakan daerah pertanian yang rata - rata pendudukanya hidup di bawah garis kemiskinan, dan kesulitan korea selatan pada saat itu tidaklah hanya sampai di situ saja,  yang sangat menyedihkan saat itu Korea Selatan kehilangan banyak pekerja terampil dan profesional, ketika sebagian besar penduduk Jepang kembali kenegara asalnya karena kalah dalam Perang Dunia ke II. Hal inilah yang membuat Kota Pyongyang pada saat itu kenyataannya jauh lebih Maju dibandingkan Kota Seoul - Korea selatan.

Hampir Lebih dari 20 tahun Korea Selatan berjuang melakukan perubahan di segala bidang, bermodal dari sumberdaya alam yang di miliki, korea selatan mulai menata kehidapannya di bawah bimbingan Amerika Serikat  dimana langkah awal yang mereka diambil adalah dengan mempersiapkan generasi muda yang mereka miliki saat itu agar siap mengubah nasib bangsanya kelak. Sekalipun Hidup dalam Kemiskinan dan serba kekurangan  namun Korea Selatan tetap bertekad bulat mengalokasikan hampir seperempat bagian atau 25% dana pemerintahannya untuk kepentingan di bidang pendidikan.

Selanjutnya pemerintah korea selatan saat itu memfokuskan diri pada  bidang export hasil karya anak bangsa di mana mereka menggenjot produksi barang jadi apa saja untuk dikirim ke luar negeri, Masih Ingat Produk TV Hitam Putih merek Samsung di Tahun 1970 - 1980 an ? itu adalah produk export samsung yang sampai ke Indonesia dan masih banyak produk - produk Elecktronik Lainnya yang di buat oleh Perusahaan Samsung dari Korea selatan yang sampai ke seluruh penjuru dunia, seperti Radio, Lemari Pendingin dan barang - barang electronik Lainnya. Perusahaan Samung sebenarnya didirikan oleh Byung Chull Lee pada tahun 1938 di sebuah desa di korea selatan, Usahanya yang terus berkembang membuat pemilik Samsung memindahkan usahanya ke kota, Korea selatan, Hingga akhirnya pada tahun 1960 an Samsung merambah dunia elektronik hingga ke seluruh penjuru dunia Produk elektronik pertama mereka adalah televisi hitam putih. 





Perusahaan Samsung Electronics mulai di fokuskan pada tahun 1960 an di kota Daegu  Korea Selatan dengan nama Samsung Electric Industries yang pada mulanya perusahaan tersebut memproduksi perangkat elektronik seperti TV, kalkulator, kulkas, pendingin ruangan dan mesin cuci dan Pada 1981, perusahaan ini telah memproduksi lebih dari puluhan juta Televisi hitam-putih yang di export ke seluruh dunia hingga 1988 perusahaan electronic samsung ini mengembangkan Perusahaannya menjadi Samsung Semiconductor & Communications yang menjadi cikal bakal perusahaan tehnologi komunikasi samsung di seluruh dunia hingga saat ini


Apa saja Produk - Produk Electronik Buatan Korea Selatan Yang Melegenda, untuk informasi produk - produk Electronik asli korea selatan dari masa ke masa bisa kalian cari tahu sejenak secara online, salah satunya bisa lihat di --->   SINI


Ternyata Tak bidang Industri Teknologi dan Electronic yang mengantar Korea Selatan Menjadi Negara Maju Sampai dengan hari ini, Tetapi mereka membangun diri untuk menjadi negara Industri yang besar dan produknya merambah hingga keseluruh penjuru dunia, Sumberdaya Manusia yang mereka didik mampu membawa Korea Selatan Keluar dari Kemiskinan, walaupun sumber daya alam korea selatan sangat terbatas jika di bandingkan dengan negara indonesia, tapi sumberdaya manusia yang mereka didik dengan kedisplinan dan harapan mampu merubah segala sesuatu yang serba terbatas menjadi inovasi yang di akui oleh seluruh dunia, jika kalian ingin tahu lebih jauh bagaimana caranya Korea Selatan bisa bertumbuh menjadi negara yang mandiri secara ekonomi dan menjadi negara yang memiliki masa depan yang cerah, silahkan simak.






Di bawah Pemerintahan Park Chung hee Korea selatan bertekad untuk Lepas landas ekonomi dalam waktu singkat, dengan program  percepatan industrialisasi yang memicu pertumbuhan ekonomi yang cukup tinggi, mulai di gaungkan pada awal 1960-an dengan arahan pemerintah militer setempat, serta Bantuan yang diberikan Amerika Serikat pada waktu ini yang tidak hanya bersifat finansial melainkan juga transfer teknologi dan pengetahuan kepada generasi Penerus Korea Selatan dan akhirnya bantuan itu sangatlah berguna untuk Korea dalam pengembangan industrinya. selama hampir 15 Tahun berlalu pemerintahan militer mendidik juga SDM di korea selatan menjadi lebih disiplin yang menyebabkan kondisi ekonomi Korea Selatan berubah sangat cepat menuju kemakmuran meluas dan merata.

Keajaiban ekonomi Korea Selatan Beberapa langkah yang diambil pemerintah untuk membangun Korea Selatan adalh pengalihan substitusi impor ke pengembangan industri berorientasi ekspor, dan kontrol negara atas kredit. Mereka Sudah Berusaha Tinggalkan Impor dan beralih ke expor Sejak Jaman Masih susah dan Prihatin. Selain itu, negara juga menasionalisasi semua bank komersial dan mengatur kembali sistem perbankan untuk memberikan kontrol atas kredit. Negara kemudian memberikan pinjaman berbunga rendah kepada semua pelaku bisnis lokal yang berorientasi untuk melakukan export sesuai dengan kebutuhan rencana ekonomi. Dan hal tersbut berhasil, dimana tingkat pertumbuhan ekonomi  sebesar 7,1 persen dalam  periode tahun 1962 hingga tahun 1966, dengan mendorong pengembangan industri ringan untuk terus di genjot  eksportnya, sampai .tingkat pertumbuhan ekonomi rata-rata 8,9 persen pertahun terwujud yang mendorong Korea Selatan dalam jalur menuju industrialisasi yang cepat. Setiap tahunnya Ekspor korea selatan  tumbuh 29 persen per tahun dan kapasitas manufaktur terus meningkat hingga 15 persen per tahun. Inilah yang menjadi titik awal korea selatan menjadi seperti hari ini. Belum Terlambat bagi Indonesia mengejar ketinggalannya dengan Korea selatan selama 70 tahun terakhir, Jika ada usaha dan kemauan keras seperti yang di lakukan pemerintahan Korea Selatan !


Bukan Hanya Samsung Yang Berjasa membawa Korea Selatan Keluar dari Garis Kemiskinan tetapi ada banyak sekali perusahaan sekelas samsung dan bahkan lebih besar yang bergandengan tangan membawa perkembangan industri di Korea Selatan yang luar biasa hingga hari ini, kalian ingin Tahu Perusahaan Apa Saja Yang Luar biasa itu di Korea Selatan ? Yuk simak guys ! siapa tahu kelak anak atau cucu kalian bisa bekerja di salah satu perusahaan tersebut !

Cheiljedang, Cowon, Cyworld, Daelim, Daewoo,  Dongkuk Steel Mill Co., LTD, Daehan jumul , Hanaro Telecom, Hansol, Hite, Hyundai, Hyosung, Humax, Hankook Tire, Jeju Air, Kia Motors, LG Group, Lotte Group, Orion, Samick, SK Teletech,  Ssangyong Motor Company ....

--> NEXT