Hi Quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  Langanan Via E-mail

Gudang Korean Stlye Murah Meriah

Lazada Indonesia

Bayarnya Bisa di Rumah Anda Setelah Barang Sampai

Menghitung Berapa Besar Biaya Hidup Di Korea Selatan




Jika anda hidup di Negeri orang tentunya anda harus banyak perhitungan, terlebih lagi jika anda hanya hidup sebatang kara di sana tanpa dukungan sanak saudara, banyak yang beranggapan hidup di negeri orang itu lebih enak, apalagi di negara maju seperti Korea Selatan, Banyak pula yang beranggapan Hidup di Korea itu serba indah, Perlu anda pahami, berdasarkan pengalaman para pekerja indonesia yang bekerja di Korea selatan, sebagian besar dari mereka menyadari bahwa Hidup di sana ternyata Tak seindah di film Drama Korea, Penuh cinta, Romantis, Hidup berkelimpahan dan semua serba mudah. apapun impian anda tentang negeri ginseng ini, semua itu harus diraih dengan kerja keras dan ketekunan, di korea selatan anda tidak bisa sesantai di negeri sendiri, industri dan gaya hidup di sana menuntut kerja cepat dan efisien, upah yang anda terima harus sebanding dengan kontribusi anda kepada majikan anda disana. Yang lebih penting lagi anda harus ingat biaya hidup di Korea Selatan sudah pasti tidak semurah di kampung halaman anda, di sana jangan pernah berharap ada Gorengan Harga gopek alias Rp 500,-

Kenyataannya Belakangan ini Deman Korea Selatan melanda seluruh belahan dunia, tak terkecuali di Indonesia, banyak yang ingin tinggal dan mencari nafkah di korea selatan, dengan harapan bisa beradaptasi dengan masyarakat korea yang ganteng - ganteng dan cantik - cantik, walaupun pada kenyataannya itu cuman ada di film. Jika Tidak percaya silahkan anda buktikan sendiri nanti di sana ya.
Ada beberapa alasan yang mengapa anda ingin menetap di Korea Selatan. Pertama, Korea Selatan merupakan negara tempat asal salah satu perusahaan elektronik terkemuka di dunia, Samsung. Samsung adalah vendor yang telah merilis banyak produk elektronik, salah satunya smartphone seri Galaxy yang terkenal seantero dunia saat ini.

Selain itu, Korea Selatan juga dikenal sebagai salah satu negara dengan kecepatan akses internet tertinggi di dunia. Negara ini juga memiliki Hyundai, salah satu produsen mobil populer dunia. Dan, jangan lupakan juga K-pop, sebuah aliran musik khas Korea Selatan yang saat ini mewabah seluruh penjuru dunia, juga banyak cowok - cowok ganteng dan cewek - cewek korea yang putih dan cantik n imut - imut seperti di drama korea. sapa tau aja salah satu dari mereka bisa jadi pacar anda. - nah dengan berbagai alasan menarik tersebut, banyak yang bermimpi bisa bertempat tinggal di Korea Selatan.

Lalu, berapa biaya yang dibutuhkan untuk bisa menetap di Korea Selatan? Berikut info terbaru kisaran biaya hidup di Korea Selatan, termasuk biaya sewa tempat tinggal, biaya makan, biaya transportasi, dan biaya lainnya.

Nah berikut ini kita akan membahas biaya hidup di Korea. Mulai dari harga tempat tinggal, harga makanan, transportasi, dan lain-lain. Post ini berdasarkan pengalaman admin-admin sendiri yang pernah kuliah di Korea dan sekarang masih tinggal di Korea - serta sedikit research dari website-website Korea. Informasi yang akan dibahas dibawah adalah rata-rata biaya hidup di Korea, jadi bisa lebih atau kurang tergantung keperluan masing-masing pribadi.

Perlu diingat juga bahwa perhitungan di postingan ini terfokus biaya hidup di kota-kota besar seperti Seoul atau Busan, dan juga berdasarkan kurs 1 won = +11,5 rupiah,  Selamat menyimak dan semoga postingan ini bisa membantu teman-teman yang punya rencana tinggal di Korea Selatan.

1) Biaya Tempat Tinggal Di Korea Selatan

Untuk jenis tempat tinggal dan harga-harganya, ada banyak sekali pilihan jenis tempat tinggal di Korea, dengan jangka harga yang bermacam juga. Selamat memilih tergantung kebutuhan dan budget anda

Simak Dengan Teliti yah dan  Jangan sampai kelewatan !


 


1. Dormitory / Gisuksa (기숙사)
Salah satu tempat tinggal yang banyak dipilih oleh orang asing yang berkuliah di Korea adalah asrama atau dalam bahasa Korea disebut gisuksa (기숙사). Rata-rata universitas di Korea memiliki fasilitas asrama bagi para mahasiswa. Pilihan kamar juga banyak dan berbeda setiap kampus, ada yang 6 orang perkamar, 4 orang perkamar, dan mayoritasnya 2 orang perkamar. Ada juga yang lengkap dengan kamar mandi didalam, ada juga yang kamar mandinya harus share dengan orang lain diluar. Tentunya harga yang ditawarkan juga bervariasi tergantung fasilitas kamarnya. Biasanya sih yang pasti di dalam kamar itu ada kasur, lemari, meja belajar, dan kulkas kecil. Lalu fasilitas asramanya mulai dari ruang laundry, gym, mini mart, cafe hingga dapur bersama.
Kisaran harga: 400.000 ~ 1.500.000 won / semester (3 bulan)


2. Goshiwon (고시원)

Pilihan lain untuk orang-orang dengan budget tipis adalah Goshiwon (고시원). Kalau di Indonesia mungkin kayak sistem kost-kostan gitu, Goshiwon biasanya terletak di suatu gedung, lalu dipisah lantai khusus wanita dan lantai khusus pria. Ukuran kamar di Goshiwon jauh lebih kecil dibanding asrama. Kamarnya itu super keciiiiiil banget hanya 2x3 meter benar-benar cukup untuk kasur, meja kecil dan kamar mandi super kecil juga. Bahkan ada juga yang tidak ada kamar mandinya :( Tapi yaaa ada harga ada barang yaa... Enaknya tinggal di Goshiwon itu tidak perlu uang deposit saat membayar. Cukup membayar perbulan saja. Selain itu biasanya disediakan nasi, ramyun, kimchi, telur di dapur bersama. Jadi bisa memasak sesuka hati dan air minum pun disediakan di dispenser.

Kisaran harga: 300.000 ~ 600.000 won / per bulan


 
 

3. One Room (원룸) / Office-tel (오피스텔)
 
Nah kalau mahasiswa Korea biasanya tinggal di yang disebut One Room (원룸). Namanya juga One Room, yaaa berartikan 'satu kamar'. Ukuran kamarnya mirip dengan kost-kostan di Indonesia, di dalamnya cukup lengkap. Terdapat kasur, lemari, kamar mandi, mesin cuci, hingga dapur. Nah kalau Office-tel (오피스텔) itu versi lebih keren dari One Room. Gedungnya seperti apartment, sistem keamanannya pun lebih terjamin. Ukuran dari One Room dan Office-tel pun beragam, biasanya cukup untuk ditinggali 1-2 orang.

Yang berbeda dari sistem tempat tinggal di Indonesia, di Korea biasanya harus membayar uang deposit yang disebut dengan Bojeunggeum (보증금). Bojeunggeum harus dibayar sebelum teman-teman menanda tangani kontrak, dan akan dikembalikan setelah kontrak tersebut selesai. Semakin tinggi deposit yang dibayar, maka akan lebih murah perbulannya :)

Kisaran harga: 400.000 ~ 1.000.000 won / per bulan
Deposit mulai dari 5.000.000 won ~

*Harga belum termasuk bayar air, gas, listrik dan maintenance fee!


4. Hasukjib (하숙집)

   Selanjutnya ada yang disebut dengan Hasukjib (하숙집). Kalau yang nonton drama Reply 1994 (응답하라 1994) pasti bisa kebayang sama yang namanya Hasukjib. Sebenarnya mirip dengan One Room, tapi kalau di Hasukjib teman-teman akan tinggal bersama dengan orang-orang lain di dalam satu rumah. Dan rumahnya sederhana juga... Lalu setiap pagi dan malam Ahjumma (아줌마) pemilik Hasukjib akan menyediakan makanan, kemudian makan bersama deh. Jadi seperti home stay kali yaa! Bisa mendapat kenalan teman-teman baru juga!

Kisaran harga: 400.000 won ~ / per bulan

 

5. Apartment (아파트)

   Di Korea, apartment lebih mudah ditemukan daripada perumahan layaknya di Indonesia. Mayoritas orang Korea tinggal di apartment. Apalagi di kota-kota besar seperti Seoul atau Busan, gedung-gedung apartment bisa terlihat dimana-mana. Nah, teman-teman yang suka menonton The Returns of Superman (슈퍼맨이 돌아왔다) pastinya sudah tidak asing dengan rumahnya Song Triplets (Daehan, Minguk, Manse), Lee Twins (Seo Eon, Seo Jun) dan cast lainnya. Semuanya tinggal di apartment kan! Mungkin kalau di Indonesia, apartment masih terlihat sangat mewah, namun kebalikannya di Korea, harga apartment bisa saja lebih murah daripada harga rumah biasa. Tentunya di Korea terdapat banyak sekali jenis apartment dari yang biasa saja hingga yang sangat mewah!

 

6. Rumah / Jutaek (주택)

Seperti yang disebutkan sebelumnya, harga tanah di Korea memang sangatlah mahal, makanya orang-orang lebih banyak yang tinggal di apartment. Tapi bukan berarti nggak ada yang punya rumah sendiri di sana, Wah kalau benar punya rumah di Seoul sih bisa disebut orang itu dari keluarga yang berada ! Kawasan perumahan elit di Seoul diantaranya Itaewon (이태원) dan Soraemaeul (서래마을).


2) Biaya Makanan Sehari - Hari di Korea Selatan

Tentu biaya makan di Korea juga sangat beragam. Harga makanan di rumah makan biasa saja sekitar 6.000 Won - 12.000 Won. Untuk teman-teman yang mau hidup irit, kami sarankan agar masak sendiri di rumah. Beli bahan-bahan dari supermarket, dan bisa bawa bumbu - bumbu Nusantara dari Indonesia. Bisa lebih irit juga, apalagi kalau patungan dengan teman-teman lainnya. tapi seirit - iritnya sekali makan ya 5000 won musti keluar juga sih.

Untuk teman-teman yang tinggal di asrama, biasanya dari pihak asrama akan memberikan makan pagi dan makan malam (bisa termasuk/tidak termasuk biaya asrama, jadi jangan lupa di cek!) jadi teman-teman bisa menyimpan uang dengan cara makan di asrama.


3) Biaya Transportasi Di Korea Selatan

Perlu di ingat di sana tidak ada Ojek atau angkot ya ! bahwa harga kendaraan umum di Korea memang tidak murah. Tapi sebagai gantinya, kita bisa menikmati fasilitas yang bagus, bersih, tepat waktu, dan juga sudah terjadwal jadi sangat mudah untuk digunakan.

1. Bus (버스)
Bus dalam bahasa Korea adalah 'boseu' (버스). Ada tiga tipe bus yang beroperasi di kota Seoul. Pertama, yaitu regular bus yang paling sering ditemui dengan warna biru dan hijau. Biaya naik regular bus untuk dewasa adalah mulai dari 1.300 won dengan cash dan 1.200 won jika menggunakan kartu transport.
Kedua, adalah express bus yang biasanya berwarna merah. Sesuai namanya, express bus memang lebih cepat dibandingkan dengan regular bus karena hanya berhenti di halte-halte tertentu. Kebanyakan, express bus beroperasi pada area-area yang padat dan sibuk. Tidak hanya di dalam kota Seoul, express bus juga beroperasi hingga kota-kota tetangga seperti Goyang-si dan Incheon. Tarif dari express bus untuk dewasa adalah mulai dari 2.400 won (cash) dan 2.300 won (kartu transport).

Ketiga, adalah village bus yang beroperasi hingga pelosok-pelosok kota Seoul. Bus ini akan mengantar penumpang ke dalam desa atau perumahan, jadi tidak perlu capek-capek berjalan kaki hehe. Village bus biasanya berwarna hijau dengan ukuran yang sedikit lebih kecil daripada regular bus. Tarif dari village bus adalah 1.000 won (cash) dan 900 won (kartu transport).
2. Subway (지하철)
Selain bus, subway atau kereta bawah tanah juga merupakan transportasi umum yang sering digunakan orang-orang Korea. Dalam bahasa Korea, subway disebut dengan 'jihachol' (지하철). Selain cepat dan efektif, subway memang lebih mudah untuk digunakan terutama bagi para turis karena tersedia petunjuk dalam bahasa Inggris, Mandarin dan Jepang.
Terdapat sembilan jalur utama subway serta sepuluh jalur tambahan yang beroperasi di kota Seoul dan sekitarnya.  Maka dari itu penumpang harus teliti melihat peta jalur agar tidak nyasar, Jangan lupa untuk menginstall aplikasi jalur subway di handphone Anda !

Tarif subway adalah mulai dari 1.250 won. Untuk dapat naik subway, teman-teman harus memiliki kartu transport (T-Money, Cash Bee, dll) yang biasa dijual di convenience store. Bisa juga dengan membeli tiket sekali jalan di mesin tiket yang ada di stasiun-stasiun subway.


3. Taksi (택시)

 Taksi juga dapat ditemui hampir di setiap area di Seoul. Semua taksi dilengkapi dengan GPS yang sangat membantu jika penumpang tidak tahu jalan menuju destinasi. Selain itu taksi juga bisa dipanggil melalui telfon dan beragam aplikasi handphone seperti Naver Taxi atau Kakao Taxi. Teman-teman juga tidak perlu khawatir jika tidak membawa cash, karena rata-rata taksi di Korea menerima pembayaran dengan kartu transport dan kartu kredit juga. Tarif awal taksi adalah 3.000 won.


4) Biaya Tarif Listrik dan Air Di Korea Selatan

Apabila anda tinggal di asrama, tentu saja harga listrik dan air sudah termasuk di dalamnya. Tapi untuk anda yang tinggal di luar dari asrama, biasanya harus bayar terpisah. Harga juga tergantung wilayah dan jenis tempat tinggal teman-teman. Biasanya harga listrik bisa jadi mahal saat puncak musim panas atau musim dingin karena pemakaian AC atau heater (pemanas) berlebih, jadi hati-hati yah!

Jangan lupa untuk mengecek terlebih dahulu, berapa kira-kira pengeluaran listrik dan air untuk rumah anda di sana selama 1 bulan. (biasanya harga listrik dibawah 15,000 Won)

5) Biaya Keperluan lain-lain Di Korea Selatan


Keperluan lain-lain yang admin maksud disini adalah seperti: pulsa HP, nongkrong, belanja, dan masih banyak lagi sesuai kebutuhan anda ! Untuk pulsa HP, teman-teman bisa memilih paket yang mau dipakai sesuai kebutuhan. Tapi perlu diingat bahwa harga pulsa di Korea lebih mahal dari di Indonesia (biasa paket mulai dari 30.000 Won tergantung provider).

Untuk nongkrong misalnya di kafe, harga satu gelas kopi di daerah Seoul bisa mencapai 5,000 Won. Bisa dibilang mirip dengan harga 1 porsi makanan! Lalu jika anda Ingin belanja bisa memilih untuk belanja ke underground shopping center atau mal di terminal bis.



Berikut ini Perbandingan Biaya hidup di Kota Suwon di bandingkan di Kota Seoul.


Suwon adalah kota yang terletak di bawah Seoul, anda hanya perlu waktu sekitar 10 – 20 menit untuk bisa sampai ke kota ini dari Seoul. - Kalau di Indonesia Ibaratnya Bogor - Jakarta
Secara kasar biaya hidup di Suwon bisa dibilang lebih murah 20% dibanding biaya hidup di Seoul.


Berikut ini gambaran perbandingannya

Perbandingan biaya untuk makan di Suwon Vs Seoul

food

Perbandingan Akomodasi di Suwon Vs Seoul

akomodasi







2 komentar:

Afrianda Harun mengatakan...

Halo kak....
Sekarang posisi di seoul ya?
Ada instagram atau akun lainnya?
Saya ingin menayakan beberapa hal menyangkut seoul kak...
Terimakasih

nivanti brawijaya mengatakan...

ya mau tanya apa yah dek..

Posting Komentar