Hi Quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  Langanan Via E-mail

Gudang Korean Stlye Murah Meriah

Lazada Indonesia

Bayarnya Bisa di Rumah Anda Setelah Barang Sampai

Informasi Sekolah Serta Universitas Favorit dan Terbaik Di Korea Selatan




Korea Selatan menjadi salah satu Negara di Asia yang memiliki kwalitas pendidikan sangat baik di dunia, Koreas Selatan adalah salah satu Negara yang berhasil mengalahkan Finlandia dalam hal kwalitas pendidikan-nya, dan ternyata pelajar serta mahasiswa Korea Selatan memiliki semangat  belajar yang sangat tinggi dan terus meningkatkan kualitas pendidikannya tanpa henti. Seperti hasil survei yang dilakukan oleh lembaga edukasi dan perusahaan penerbitan Pearson, ternyata ada empat negara Asia yang menempati urutan teratas negara yang memiliki kwalitas pendidikan terbaik kelas dunia, Salah satunya adalah Korea Selatan, setelah itu negara Jepang, Singapura, dan Hong Kong juga bisa menjadi pilihan alternatif bagi anda yang ingin menempuh pendidikan terbaik kelas dunia.


Fakta Dibalik Sistem Pendidikan di Korea Selatan Yang Berkwalitas Internasional


1. Jam Belajar

Jam belajar di korea selatan
Fakta pertama dari sistem pendidikan di Korea Selatan adalah lamanya jam belajar. Jam belajar yang diterapkan tentu sangat berbeda dengan jam belajar yang ada di Indonesia. Para siswa sekolah tinggi di Korea Selatan belajar selama 14 jam. Pendidikan di Korea Selatan mulai masuk jam 08.30 pagi sampai jam 22.00. Untuk di negara Indonesia mungkin itu terasa begitu lama, namun tujuan dari lamanya jam belajar tersebut adalah agar para siswa bisa masuk ke dalam perguruan tinggi favorit karena persaingan di sana cukup tinggi.

Tidak cukup sekolah disekolah formal saja, para siswa di Korea Selatan juga akan menghadiri lembaga pendidikan swasta / Hagwon (학원). Ini berarti para siswa sekolah tinggi rata-rata tidak pulang sampai tengah malam. Sedangkan bagi siswa sekolah menengah, pihak sekolah masih memberi toleransi dengan waktu belajar antara 08:00 pagi sampai 04:00 sore, dengan tambahan Hagwon sepulang sekolah. jam belajar memang sangat mempengaruhi kualitas pendidikan di Korea Selatan.

2. Fasilitas Belajar

Fasilitas Pendidikan di Korea Selatan

Selain jam belajar fasilitas belajar juga mempengaruhi kemajuan Pendidikan di Korea Selatan. Dengan sistem pendidika paling baik di Dunia tentu Korea Selatan memiliki fasilitas belajar yang benar-benar menunjang kemajuan para siswanya. Beberapa sekolah memiliki ruangan dengan peralatan dan teknologi canggih yang memungkinkan keadaan dalam ruangan tersebut sama seperti keadaan di lingkungan luar agar para pelajar dapat mempraktekkan langsung ilmu pembelajaran yang diterimanya.

Seperti ruangan kelas ekonomi yang dilengkapi dengan lorong, rak, pasar mini atau ruangan kelas kesehatan yang dibuat seperti rumah sakit. Selain itu presentasi Power Point, USB adalah hal-hal dasar yang digunakan dalam sistem pembelajaran SD-SMA. Ruang kelas dilengkapi Komputer yang terhubung ke salah satu sistem proyektor overhead atau layar datar LCD.

3. Tenaga Pendidik

Pendidikan di Korea Selatan

Di Korea ada pepatah yang mengatakan, Guru adalah hal tertinggi  - Masyarakat Korea menganggap guru memegang posisi yang berharga dan tinggi karena Korea menanamkan bahwa pendidikan adalah hal yang utama. Akibatnya, Korea benar-benar menjunjung tinggi para guru. Usia pensiun mereka tidak sampai 65 tahun. Senioritas di kalangan guru dilihat melalui bayaran yang tinggi dan jam mengajar yang lebih banyak. Sistem pendidikan di Korea Selatan ternyata menerapkan rotasi mutasi guru setelah lima tahun mengajar.
Hal ini dilakukan agar setiap guru mendapat kesempatan yang adil untuk mengajar di berbagai sekolah yang baik atau buruk. Langkah ini dirasa tepat, karena dengan hal tersebut pendidikan akan merata dan kualitas para pendidik akan semakin meningkat.


4. Proses Belajar

Guru Di Korea Selatan

Kualitas Pendidikan di Korea selatan tidak terlepas dari proses belajarnya. Pendidikan di Korea Selatan menekankan praktik yang mendominasi dalam proses belajar siswa. Melalui praktik, siswa dapat lebih mengembangkan kreativitas mereka serta dapat bermain sambil belajar. Tetapi, Kurikulum di Korea Selatan pun tidak sepenuhnya mengacu dan terfokus kepada bidang akademik saja, tetapi juga mengacuh kepada bidang non akademik. Pihak sekolah juga memberi kesempatan maupun dukungan kepada siswa yang berminat, dan intinya adalah menyediakan fasilitas yang dapat membantu mengembangkan bakat–bakat siswa.

5. Ke Disiplinan Siswa

Pendidikan di Korea Selatan

Sistem pendidikan di Korea Selatan memang sangat ketat dan keras. Bukan hal yang tabu jika guru melakukan kekerasan fisik untuk mendisiplinkan muridnya. Bahkan para orang tua tidak masalah dengan peraturan itu. Hanya saja saat ini hukuman fisik itu memiliki batasan yang lebih kuat. Kebersihan Sekolah adalah tanggung jawab murid. Sistem pendidikan di Korea mengajarkan siswa untuk bertanggung jawab terhadap perawatan sekolah mereka. Sementara para petugas kebersihan melakukan tugas-tugas utama seperti membersihkan kamar mandi, membersihkan lorong, ruang kelas, tangga, para siswa diwajibkan memungut sampah di halaman sekolah setiap pagi sebelum bel berbunyi.

Itulah beberapa fakta yang turut memengaruhi kemajuan Pendidikan di Korea Selatan. Tidak dapat dipungkiri setiap negara sudah pasti ingin memiliki kualitas pendidikan yang baik. Namun semua hal tersebut tidak akan tercapai jika tidak ada sinergi yang baik antara pemerintah dan masyarakatnya.



Berikut ini akan kami informasikan Beberapa Sekolah dan Universitas terbaik yang ada di Negara Korea Selatan, semoga bisa menjadi bahan refensi bagi anda yang ingin menyekolahkan putra dan
putrinya di sana.

1. Anyang Art High School

Di sinilah personel BEAST-Junhyung, F.Cuz Ye Jun, Rain, Park Han Byul, Se7en, KARA-Park Gyuri,Wonder Girls – Kim Yoo Bin pernah belajar. Anyang High School bukan Cuma SMA, tapi mulai dari tigkat SD hingga Universitas. Lokasinya berada di daerah Anyang, Provinsi Gyepnggi-do. Sekolah ini sangat terkenal karena merupakan sekolah seni ternama dan pertama yang ada di District Gyeonggo.

Pada awalnya didirikannya, Anyang merupakan sebuah proyek bernama “Annyang 21 Project”.Proyek ini bertujuan untuk menciptakan sebuah kota yang indah, kota seni yang sejahtera dengan menambahkan keahlian di bagian luar bangunan kota dan menyelaraskan kota dengan lingkungan alam. Kota inilah yang kemudian menjadi “rumah” bagi Anyyang Art High School yang banyak menghasilkan artis Korea.

2. Dong-Ah Institute Of Media And Arts

Dong-Ah Institute Of media And Arts adalah sebuah perguruan tinggi yang mengkhususkan diri dalam pelatihan pofesional di bidang Desain, Media, Produksi. Kampus ini terletak di daerah Samjukmyeon City, Provinsi Gyeonggi-do Korea Selatan. Sebelum bernama Dong-Ah Institute of Meda And Arts, kampus ini bernama Dong-Ah Broadcasting Campus. Saat ini mereka focus pada teknologi penyiaran, produksi, multimedia dan internet penyiaran dengan masa studi 2-3 tahun. Artis yang pernah sekolah di sini antara lain Changmin 2AM, and yo Seob-nyah BEAST.

3. Kyung-Hee Cyber University

Kyung Hee Cyber University merupakan bagian dari Kyung Hee University. Sesuai dengan namanya, Kyung Hee Cyber Unversity ini menyediakan system belajar mengajar online bagi para mahasiswanya.Sehingga mereka tidak dharuskan untuk dating setiap hari ke kampus

Saat ini terdaftar 12.000 mahasiswa yang sedang belajar disana dan sekitar 5700 alumni yang telah lulus dari kampus ini. Yang hebat, Kyung Hee cyber University ini pernah mendapat penghargaan sebagain Universitas Online terbaik pada tahun 2007 oleh menteri pendidkan Korea. Kelebihan lainnya, bangunan kampus inipun menjadi bangunan yang terindah di Korea.

Mahasiswanya pun sering melakukan kunjungan ke luar negeri untuk study banding atau Negara pertukaran pelajar. Negara yang sering di kunjungi adalah China, Vietnam, Australia, Kanada dan Rusia. Artis yang pernah bersekolah disi adah Aktris cantik Yoon Eun Hye, BEAST- Doo Joon, MBLAQ – Lee Jun & Bang Mir, dan Super Junior – Kangin

4. Hannyoung High School.

Sudah tentu ini merupakan sebuah SMA, Di sekolah yang berlokasi di Gangdong – Gu, Seoul inilah magnaenya BEAST – Son Dong Woon menyelesaikan masa-masa SMA nya tahun lalu.
Sekolah ini mempunyai reputasi yang sangat baik di daerahnya, karena untuk dapat bersekolah di sana bukanlah hal yang mudah. Kita harus mengikuti tes yang ketat dan biasaya hanya 30% persennya yang diterima

5. Seoul Institue if the Arts

Salah satu personel dari BEAST yang pernah kuliah disini adalah Lee Gi Kwang.Fasilitas di sekolah ini sangatlah lengkap, diantaranya adalah : galeri lukis, studio film, ruang teater dan pusat drama. Salah satu pagelaran seni yang pernah di adakan di Universitas ini adalah pameran Lukisan yang berlangsung pada tahun 2009 silam, dan pada tahun 2010 mengadakan suatu drama drama musical.Sekolah ini juga banyak menelurkan artis-artis kenamaan seperti Goo Hye Sun yang multitalented.


7. Ansan Information industry High School

Sekolah ini ada di Ansan Districtnya Gyeonggi-do. Di sekolah inilah Jang Hyun BEAST menyelesaikan SMAnya, kalo menrutku sekolah ini kayak SMK gitu, tapi kalo di Korea itu biasanya orang nyebutnya bukan SMK tapi SMA Kejuruan. sekolah ini didirikan pada tahun 1990an oleh seorang ahli computer dan teknologi. Sekolah ini punya 4 Program jurusan keahlian, yaitu Information Processing (4 kelas), Office Automation (2 Kelas) and Visual Communication. sekolah merupaan sekolah yang fasilitasnya cukup lengkap. Antara lain siswanya dibekali ama 360 unit computer terbaru, dan 200 komputer MAC, serta fasilitas internet yang cepat dan mudah yang bisa diakses dari sudut sekolah mana saja.

8. Seoul National University (SNU)
Ini adalah Kampus Ternama yang mencetak orang - orang sukses dan terkenal di Negeri Ginseng !



Kampusnya Kim Tae Hee dan Ban Ki Moon. via www.seputaraceh.com
Popularitas SNU ini udah mendunia lho, Guys! Universitas ternama ini menduduki peringkat ke-36 dunia menurut QS World University Rangkings 2015/2016. Meski masih berada di Asia, atmosfir multikultur di SNU terasa banget. Yup, di kampus ini terdapat banyak mahasiswa asing dari Eropa, Amerika, hingga Afrika! Asyik banget kan bisa kenalan sama teman-teman dari berbagai negara di dunia? Buat kamu yang masih ragu kuliah di SNU lantaran masih merasa roaming dengan bahasa Korea, tenang, SNU menyediakan lebih dari 250 kelas yang menggunakan bahasa Inggris dalam proses pembelajarannya.
Kamu layak tahu kalau 38% dari 100 CEO perusahaan ternama Korsel adalah lulusan SNU. Masih belum yakin dengan kualitas SNU? Tahu Ban Ki Moon dong? Yup, Sekretaris Jenderal PBB tersebut adalah alumni SNU jurusan Hubungan Internasional. Mau mengikuti jejak mereka? Kamu yang kebetulan berkuliah di UGM, bisa banget menjajal pertukaran pelajar selama 1-2 semester di kampus ini. Kim Tae Hee, aktris ternama Korsel juga alumni kampus ini lho! Yup, Tae Hee lulus dari jurusan Fashion Design SNU. Selain Tae Hee, tercatat juga Beenzino, Jang Ki Ha, Verbal Jint, hingga istri dari Song Il Kook Jung Seung Yeon.


9. Sungkyunkwan University (SKKU)




Buat kamu yang masih kena demam DOTS, pasti masih terpesona berat kan sama Joong Ki oppa? Buat kamu yang ngefans sama aktor baby face satu ini, pasti udah tahu kalau Joong Ki adalah lulusan SKKU jurusan administrasi bisnis? SKKU yang sempat menjadi latar cerita drama roman sejarah Sungkyunkwan Scandal (2010) ini adalah kampus swasta ternama di negeri Ginseng dan tertua di Asia Timur. Yup, SKKU udah berdiri sejak tahun 1398. Selain itu, fakultas kedokterannya terbilang yang terbaik di Korsel. SKKU sendiri terbagi menjadi 2 kampus, untuk jurusan ilmu humaniora dan sosial terletak di kota Seoul. Sementara
untuk jurusan ilmu pengetahuan alam berlokasi kota Suwon.

10. Dongguk University



Tercatat Yoona dan Seohyun SNSD, serta beberapa member 4Minute dan Wonder Girls adalah bagian dari kampus ini. Kampus yang berlokasi di Jung-gu – utara Namsan, Seoul ini berdiri sejak tahun 1906. Kampus ini memang udah mencetak banyak aktor dan aktris populer di negeri Ginseng. Selain para personil girl band papan atas Korea tadi, ada pula Lee Seung Gi, Kang Sora, dan Han Hyo Jo yang juga bergabung dengan kampus ini.

11. Chung Ang University



Berminat satu almamater dengan si ganteng Hyun Bin? Kamu harus menuntut ilmu dulu di Chung Ang University! Yup, pemeran Kim Joo Won dalam drama fenomenal Secret Garden ini lulus dari jurusan teater pada tahun 2004. Menariknya lagi nih, pada tahun 2009 Hyun Bin kembali mendaftar di kampus ini untuk jenjang master. Tidak hanya unggul di jurusan teaternya saja, kampus swasta yang berdiri sejak tahun 1918 ini juga terbaik di bidang farmasi.

12. Korea Advanced Institute of Science And Technology


Jika Indonesia punya ITB yang udah tenar sejah jaman dahulu kala yang mencetak insinyur hebat seperti  presiden pertama kita Soekarno, Korea Selatan juga ada, yaitu adalah KAIST a.k.a Korea Advanced Institute of Science & Technology yang udah mencetak banyak peneliti dan insinyur handal. Terutama untuk mendukung industri Korsel yang kini tengah berkembang dengan pesatnya. Popularitas KAIST di dunia udah tidak diragukan lagi. KAIST menduduki peringkat ke-43 dunia menurut World University Rangkings, buat anda yang tertarik untuk mendalami bidang teknik dan ilmu pengetahuan, bisa menimba ilmu di sini.

13. Korea University



Arsitektur kampusnya yang a la kastil-kastil Eropa. Kampus yang dahulu bernama Bosung College ini hampir semua program studinya unggulan, akan tetapi yang paling terkenal adalah program studi bisnis.

14. Pohang University of Science and Technology (POSTECH)



Kampus yang memfokuskan diri pada bidang teknik, sains, dan teknologi memang terbilang muda usianya. Yup, POSTECH baru didirikan pada tahun 1986. Eits, jangan remehkan soal kualitasnya ya! Kampus keren ini udah menjalin kerja sama dengan sejumlah lembaga riset di Korsel, sebut saja Pusat Nano Material dan Teknologi Nasional dan Pusat Penelitian Robot Intelijen Korea.



Nah, Berapa sih Biaya Harus di siapkan Untuk Bisa Bersekolah atau Kuliah di Korea Selatan ?

Ada tiga universitas negeri yang terkemuka di Korea Selatan yang biasa disebut SKY, yakni Seoul  University, Korea University dan Yonsei University. Sedang universitas yang cukup terkenal dengan bidang studi teknik adalah Korea Advanced Institute of Science and Technologie (KAIST) dan Pohang University of Science and Technology (POSTECH).

Biaya kuliahnya bervariasi. Saat ini, biaya kuliah di Korea berkisar KRW 2,5 juta hingga KRW 7 juta per semester. Berkaitan dengan biaya kuliah ini,  beberapa universitas ada yang memberikan diskon uang kuliah sampai sebesar 50% bagi mahasiswa yang memiliki kemampuan berbahasa Korea di level 4–5 TOPIK.

Bagaimana dengan biaya makan ? Sekadar mengingatkan, bagi orang muslim, mencari makanan yang halal cukup sulit. Karena itu biasanya mereka memilih memasak makanan sendiri. Apalagi, kantin kampus biasanya hanya buka selama 2 jam saat pagi dan siang. harga makanan halal di lingkungan kampus cukup murah, berkisar KRW 4000. Sedangkan di kota besar seperti Seoul harga makanan berkisar KRW 8.000 hingga KRW 15.000 per porsi.

Saat ini pemerintah Korea membolehkan Anda bekerja paruh waktu. Mahasiswa yang bekerja bisa memilih kuliah malam atau akhir pekan. Batasan waktu bagi mahasiswa yang bekerja paruh waktu adalah 20 jam per minggu.

Selain itu Anda juga tentu harus memperhitungkan biaya tempat tinggal, yang bisa mencapai KRW 500.000 per bulan.


Selamat Menyimak dan semoga Informasi ini  Bermanfaat untuk anda



0 komentar:

Posting Komentar